Jumat, 24 November 2017

Tips Agar Aman Ketika Memasak dengan Kompor Gas

Aktivitas memasak memang tidak bisa dilepaskan dari yang namanya kompor. Saat ini, jenis kompor yang paling sering digunakan ialah kompor gas, dibandingkan dengan kompor dengan sumbu dan minyak tanah yang semakin kesini semakin sulit untuk menemukannya.



Memasak dengan kompor gas memang jauh lebih mudah. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan setelah menemukan tempat jual kompor gas dan membelinya karena merasa harga kompor gas tersebut cocok dengan kebutuhan anda, yakni keamanan ketika anda sedang menggunakannya untuk memasak.


Bagaimana Agar Masak Tetap Aman


Mencari toko yang jual kompor gas yang sudah terpercaya menjual produk asli memang menjadi hal yang sangat penting, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan produk palsu. Begitu juga dengan memilih harga kompor gas yang dianggap masuk akal sehingga anda terhindar dari kompor gas yang abal-abal.

Tips Rumah Tangga Lainnya : Tips Memilih Dispenser Yang Wajib Anda Perhatikan Sebelum Membeli

Bukankan anda sudah beberapa kali mendengarkan berita tentang kecelakaan ketika sedang memasak dengan kompor gas? Oleh karena itulah anda harus bisa lebih waspada dan teliti. Dan beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebagai tips aman memasak dengan kompor gas ialah sebagai berikut.

Perhatikan Selang Regulator


Tips pertama ini merupakan tips paling mendasar dan penting, dimana anda harus memastikan bahwa selang regulator kompor sudah terpasang dengan benar. Jika anda masih mencium bau has atau suara mendesis, biasanya ini merupakan tanda bahwa pemasangan selang pada mulut tabung gas masih belum tepat, sehingga anda perlu membuka dan kemudian memasangnya kembali.

Hal ini seakan membuktikan, bahwa bukan hanya harga kompor gas yang perlu diperhatikan, namun juga harga regulator anda. Selain itu, anda juga perlu memastikan bahwa tidak ada selang yang tertekuk, karena hal ini mempengaruhi aliran gas yang akan menuju kompor.

Gunakan Perlengkapan yang Sudah SNI


Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, dimana tempat jual kompor gas murah dan juga harga kompor gas sekaligus dengan seluruh perlengkapannya. Toko dimana anda membeli kompor dan perlengkapannya, juga sangat berpengaruh apakah produk yang anda beli tersebut sudah SNI atau belum.

Kompor dan perlengkapanya yang belum SNI juga menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan ketika sedang memasak dengan kompor gas. Itu sebabnya, anda harus benar-benar berhati-hati ketika akan membelinya.

Jangan Letakkan Tabung Gas Dengan Benda yang Mudah Terbakar


Bukan hanya produk-produk yang anda gunakan, namun dimana anda meletakkan perlengkapan yang berkaitan dengan kompor gas ini juga bisa sangat menentukan keamanan anda ketika sedang memasak. Tips yang paling mudah untuk anda lakukan ialah dengan menjauhkan segala sesuatu yang mudah terbakar dengan tabung gas di rumah anda.

Memeriksa Kondisi Tabung


Bukan hanya tempat jual kompor gas yang anda beli, tempat dimana anda membeli tabung gas juga sebaiknya anda perhatikan. Ya, tabung gas memang menjadi barang yang memiliki cukup besar. Sehingga anda harus membelinya ditempat-tempat yang terpercaya.

Setelah membelinya ditempat yang tepat, hal lain yang perlu anda lakukan ialah dengan memeriksa keadaan tabung gas secara rutin. Semakin lama, tentu saja tabung gas akan mengalami banyak hal, sehingga bisa saja suatu saat membahayakan keadaan tabung gas itu sendiri.

Dengan keempat tips yang diberikan tadi, semoga saja bisa membantu anda yang selama ini masih sering merasa was-was ketika sedang masak dengan menggunakan kompor gas. Sebagai tips tambahan, belilah kompor gas pada tempat jual kompor gas yang sudah cukup terkenal, lalu pilihlah harga kompor gas yang tidak terlalu murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda. Mungkin Bisa Berarti Buat Saya. Salam Kenal