Rabu, 08 November 2017

Tips Memilih Dispenser Yang Wajib Anda Perhatikan Sebelum Membeli

Dispenser mempunyai nama lain yaitu water dispenser. Alat ini sangat berguna di dalam rumah tangga dan keberadaannya memang tidak bisa dilewatkan lagi. Dari semua kalangan dapat membeli alat ini, mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Ya, alat ini memang terdiri dari beberapa jenis dan spesifikasi. Harga dispenser ini juga bermacam-macam, tergantung dari jenis dan juga spesifikasinya. 



Memilih Dispenser Terbaik


Memudahkan Dalam Penyajian Air


Untuk kalangan atas, tentu saja memilih yang harga dispensernya mahal agar awet jika dipakai, berbeda dengan yang berada di kalangan bawah, yang memilih dispenser dengan harga yang terjangkau saja, yang penting kebutuhannya terpenuhi.


Dengan menggunakan alat ini, penyajian minuman dan juga makanan menjadi lebih mudah dan praktis serta dapat menghemat waktu Anda. Alat yang digunakan untuk menyimpan air bersih siap minum ini dapat digunakan untuk menyeduh kopi, teh, susu, bubur bayi, sup instan, dan masih bayak lagi lainnya. Dispenser dapat menyediakan minuman bersih yang dingin maupun panas. Alat ini dilengkapi dengan heater ataupun pemanas yang berfungsi untuk memanaskan air yang berada dalam tabung reservoir. Dalam proses pemanasan, alat ini membutuhkan daya sebesar 200-300 watt.

Di Indonesia sendiri telah ada dua jenis dispenser yang sudah populer, yaitu dispenser air panas dan normal atau biasa disebut dengan hot and normal water dispenser dan yang satunya menyediakan air panas dan juga air dingin yang biasa disebut sebagai hot and cold water dispenser. Anda tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kebutuhan air dari alat ini berasal dari suplay gallon yang biasanya diletakkan di atasnya maupun di bawahnya.


Bagaimana Cara Menggunakannya?


Penggunaan alat ini sungguh sangat praktis dan pemasangannya juga tidak ribet karena tidak memerlukan instalasi khusus. Selain itu harga dispenser juga cukup terjangkau dan banyak juga pilihan yang bisa Anda pilih sesuai selera dan juga kebutuhan. Ada tips khusus yang harus Anda perhatikan saat membeli alat ini, yaitu harus sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku di Indonesia terutama untuk reservoir air panas dan juga dingin. Standar kesehatan yang dimaksud, harus memenuhi kriteria berikut ini :

  • Tangki yang digunakan untuk menyimpan air panas maupun dingin harus terbuat dari stainless steel yang murni 100%. Tujuannya adalah untuk menjaga suhu air serta mencegah terjadinya pertumbuhan jamur dan bakteri. Tangki yang terbuat dari stainless steel juga akan membuat alat ini anti karat, sehingga air yang ditampung tidak berbahaya jika diminum.
  • Selang yang digunakan sebagai penghubung menuju tangki harus menggunakan selang yang anti jamur dan juga anti bakteri.
  • Menyediakan kran khusus yang digunakan untuk menghasilkan air dengan suhu normal, sehingga Anda tidak perlu lagi mencampur air yang bersuhu panas dan dingin untuk menghasilkan air yang bersuhu normal.
  • Pilihlah dispenser yang mampu memanaskan air hingga suhu 86 derajat celcius untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada pada air.

Alat ini juga berhubungan dengan listrik jadi perhatikanlah hal-hal berikut :
  • Pilihlah yang berkekuatan rendah agar hemat listrik.
  • Untuk dispenser yang posisinya gabung dengan kulkas, pastikanlah terdapat dua thermostat agar proses pendinginan kulkas tidak terganggu.
  • Ukuran tempat menaruh gelas minimal 20 cm.
  • Tombol on dan off terletak secara terpisah antara panas dan dingin.
  • Pilihlah dispenser yang menggunakan kunci pengaman (child lock), agar aman untuk anak-anak.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda pakai dalam memilih sebuah dispenser untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda. Mungkin Bisa Berarti Buat Saya. Salam Kenal